Selasa, 02 Desember 2008

INDONESIA NEGARA TERKORUP KETIGA

INDONESIA menempati posisi ketiga sebagai negara terkorup di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) atau urutan ketujuh di tingkat dunia. Posisi Indonesia terhadap penyalahgunaan keuangan negara di tingkat ASEAN itu, setelah Filipina dan Thailand.
Wiryono Prakoso, anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Denpasar, Selasa (2/12) melanjutkan korupsi dengan nilai besar itu sangat berpengaruh terhadap upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan.
Selain itu, tindak korupsi berpengaruh terhadap rendahnya mutu insfrastruktur dan pelayanan publik, serta terjadinya ekonomi biaya tinggi, sambungnya.
KPK dalam melakukan upaya penyelidikan lebih memberikan perhatian terhadap pelayanan publik, antara lain kantor pelayanan Samsat, imigrasi, perpajakan dan pelayanan kesehatan.
Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menghindari terjadinya tindak pidana korupsi.
Ia mengharapkan peranserta masyarakat dan semua pihak untuk bersama-sama mengatasi tindak pidana korupsi. Semua pelapor dan pemberi informasi mengenai adanya tindakan koorupsi, akan selalu mendapat perlindungan dan tindak lanjut dari KPK. (a)

Tidak ada komentar: